My Profile

   Minimize
Profile Avatar
pariwisataid
*******
*******, ******* *******
*******
******* ******* *******
Sudah pernah ke Jogja belum? Jogja atau Yogyakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan kekentalan budayanya. Di sini anda akan menemukan banyak tempat wisata dengan banyak unsur budaya misalkan Candi Borobudur, Keraton, Malioboro dan lainnya. Liburan rasanya memang tak lengkap tanpa membeli sejumlah oleh oleh khas Jogja, baik untuk diri sendiri ataupun keluarga, sahabat dan rekan kita.

Oleh-Oleh Khas Jogja ada banyak, mulai dari makanan, pakaian, hingga alas kaki ataupun aksesoris. Menariknya rata-rata setiap oleh oleh khas Jogja punya nilai filosofisnya sendiri. Apa saja oleh-oleh yang wajib anda beli selagi liburan? Berikut adalah beberapa rekomendasinya. Pernah lihat jenis kudapan ini? Yangko merupakan salah satu makanan khas Jogja dan sering di jadikan oleh-oleh. Rasanya mirip seperti mochi, manis dan kenyal. Banyak sekali wisatawan lokal menyukai oleh oleh khas Jogja ini.

Kudapan ini bisa anda dapatkan pusat oleh oleh Jogja. Kadangkala sering juga di temukan di Industri rumahan pembuatan Yangko. Pada zaman dahulu, di lansir dari kumparan Perjalanan Spiritual di Nusa Dua Bali. yangko merupakan salah satu makanan kudapan para raja juga priyayi. Konon katanya Pangeran Diponegoro juga sering menjadikan kudapan ini sebagai bekal ketika beliau berperang melawan kolonial Belanda.

Masih dengan makanan, Geplak juga merupakan salah satu kudapan nikmat yang sering di santap masyarakat Yogyakarta. Berbeda dengan Geplak oleh oleh khas Jakarta, Geplak disini terbuat dari parutan kelapa dan gula. Bentuknya juga bulat dan warna warni. Alasan para wisatawan memilih Geplak sebagai oleh oleh khas Jogja karena rasanya enak dan juga terjangkau, anda juga bisa membelinya dengan hitungan gram.

Sebenarnya kuliner Geplak berasal dari kota Bantul. Menurut sejarahnya Geplak juga di jadikan makanan utama pengganti beras. Karena daerah Bantul mempunyai dataran yang rendah dan banyak sekali pohon kelapa di mana-mana. Oleh karena itu masyarakat akhirnya mengolah daging kelapa hingga menjadi Geplak. Jogja tidak hanya di kenal dengan makanan yang rata-rata manis, tapi Jogja juga di kenal dengan kreativitasnya. Salah satu hasil pengrajin lokal disana adalah tas rotan.

Walaupun sebenarnya sudah banyak tas rotan juga di berbagai daerah. Tas rotan Jogja punya keunikan sendiri yaitu bagian dalamnya di lapisi kain batik. Karena bentuk nya yang cantik dengan banyak variasi warna, tas rotan juga sering di jadikan oleh oleh tas khas jogjauntuk teman-teman, khususnya para perempuan.